Manajer organisasi
Pendahuluan
Sebuah organisasi merupakan sebuah kesatuan yang utuh sekaligus
kompleks. Didalamnya terdapat berbagai macam elemen atau komponen
yang disatu sisi harus mampu bekerja sendiri namun disisi lain juga
dituntut untuk bisa bekerja sama dengan komponen-komponen lainnya.
Sementara itu, selain harus mampu mengelola komponen-komponen yang
terdapat didalam agar dapat bekerja sama dengan baik, sebuah organisasi
juga diharapkan untuk bisa berinteraksi serta beradaptasi dengan
lingkungan sekitarnya. Kemampuan untuk berinteraksi serta beradaptasi
dengan lingkungan ini mutlak harus bisa dilakukan oleh sebuah organisasi
untuk terus bisa eksis dan berkembang sesuai harapan dan tujuan
organisasi itu sendiri. Humas adalah salah satu aspek yang diperlukan oleh
sebuah organisasi untuk ikut serta membantu mengelola interaksi
organisasi dengan komponen-komponen yang ada di dalam tubuh
organisasi itu sendiri maupun interaksi dengan lingkungan yang ada di
luar. Pengelolaan interaksi dan komunikasi yang tepat akan sangat
membantu organisasi untuk bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi
yang selalu berubah. Karena memiliki karakteristik yang unik tersebut,
banyak literatur mengumpamakan keadaan sebuah organisasi sebagai
sebuah sistem yang kompleks.
Bab ini menjelaskan serta menguraikan tentang pengertian-pengertian
sistem beserta relevansinya dengan kajian humas dalam organisasi.
Pembahasan akan dibagi menjadi tiga yaitu
(1) organisasi sebagai sebuah sistem,
(2) kedudukan humas dalam struktur organisasi, dan
(3) hubungan kerja humas dengan bagian lain dalam organisasi. .
ORGANISASI SEBAGAI SEBUAH SISTEM
Pada banyak literatur, sebuah organisasi kerap kali dipahami sebagai
sebuah sistem yang kompleks dengan banyak bagian-bagian didalamnya
saling berinteraksi satu sama lain dengan baik dan harmonis. Mengapa
untuk memahami peran humas dalam organisasi kita juga diharapkan
mengerti tentang teori-teori sistem? Dan bagaimana humas berperan
dalam sistem yang kompleks tersebut? Jawabannya akan kita coba uraikan
dalam bab ini.
Pengertian-pengertian Sistem: Elemen-elemen dan cara kerja Sistem
Secara sederhana, sebuah sistem kerap dijelaskan dengan mengambil
contoh sebuah mobil. Sebuah mobil merupakan suatu mesin yang
berfungsi sebagai alat transportasi. Sebagai sebuah sistem, sebuah mobil
memiliki berbagai bagian yang terpisah namun dirangkai menjadi satu
kesatuan yang utuh. Pintu, jok mobil, setir atau kemudi, juga mesinnya,
dulunya merupakan bagian yang terpisah, namun untuk bisa berwujud
sebagi sebuah mobil yang berfungsi dengan baik bagian-bagian tersebut
harus dirangkai dan bekerja sama satu dengan lainnya. Ketika sudah
dirangkai menjadi bentuk sebuah mobil, tiap-tiap bagian tetap
mempertahankan fungsi spesifiknya masing-masing, hanya saja karena
telah menjadi sebuah rangkaian mobil yang utuh, masing-masing bagian
tersebut dituntut untuk mampu bekerja sama satu sama lain hingga
dihasilkan sebuah mobil yang nyaman dikendarai.
Menurut Grunig dan Hunt (1984), sebuah sistem terdiri atas aspek-aspek
sebagai berikut:
1. Environment (lingkungan)
2. Boundary (pembatas)
3. Input (masukan)
4. Output (keluaran)
5. Throughput
6. Feedback (umpan balik)
Sebuah sistem yang hidup dalam sebuah batasan (boundary) (2)tertentu
menerima masukan (input)(3) dari lingkungan (environment)(1). Masukan
tersebut diproses atau dikelola didalam sistem sebagai sebuah throughput
(5). Sistem kemudian mengeluarkan throughput yang sudah jadi sebagai
keluaran (output)(4) ke lingkungan (environment) di sekitarnya. Setelah
keluaran tersebut diterima oleh lingkungan disekitar sistem, sistem akan
mencari atau mendapatkan umpan balik (feedback)(6) dari lingkungan
tersebut. Demikianlah gambaran bagaimana sebuah sistem bekerja dan
berinteraksi dengan lingkungannya. Organisasi sebagai sebuah sistem
yang memiliki batas-batas wilayah yang jelas,hidup pada sebuah
lingkungan tertentu. Organisasi tersebut mendapatkan input atau masukan
untuk diproses didalam organisasi. Masukan ini bisa berbentuk bahan
mentah, tenaga kerja, maupun informasi. Didalam organisasi masukanmasukan
tersebut diproses sebagai throughput dan dikeluarkan lagi ke
lingkungan atau masyarakat sebagai keluaran. Keluaran dari sebuah
organisasi biasa disebut produk. Produk ini bisa berbentuk barang maupun
jasa.
Organisasi sebagai sebuah Sistem Terbuka dan Sistem Tertutup
Setelah sebelumnya kita membahas tentang aspek-aspek atau elemenelemen
yang ada pada sebuah sistem serta bagaimana sebuah sistem
bekerja, pada bagian ini akan dijelaskan lebih lanjut tentang bentuk-bentuk
sistem. Ada dua bentuk sistem yang akan dibahas disini yaitu
(1)Sistem Tertutup dan
(2)Sistem Terbuka.
Secara sederhana sistem tertutup adalah sebuah sistem yang tidak
berinteraksi dengan lingkungannya. Apa yang dimaksud dengan hal ini?
Untuk memudahkan penjelasan ada baiknya kita sajikan sebuah contoh.
Misalkan saja kita ambil sebuah desa sebagai contoh sebuah sistem. Ia
hidup di lingkungan tertentu, memiliki batas wilayah tertentu, memerlukan
input, memprosesnya, serta mengeluarkan output. Jika desa tersebut
merupakan contoh sebuah sistem yang tertutup, apa yang membedakannya
dengan sistem yang terbuka? Perbedaannya terletak pada tidak adanya
interaksi antara desa tersebut dengan lingkungan disekitarnya. Atau
dengan kata lain, ia tidak memerlukan input dari lingkungan sekitar karena
ia bisa memenuhi input tersebut dari dalam sistemnya sendiri. Misalnya
untuk kebutuhan pangan, desa tersebut memiliki sawah-sawahnya sendiri
yang cukup untuk memberi makan seluruh warga desa. Padi sebagai input
ditanam dan diproses hingga menjadi output yang berupa beras yang pada
akhirnya juga akan dikonsumsi oleh warga desa itu sendiri. Demikian juga
untuk kebutuhan sandang, tenaga kerja, dan lain-lainnya, semua dipenuhi
dan dikonsumsi sendiri. Desa tersebut tidak memerlukan kerja sama atau
berhubungan dengan desa tetangga atau desa lainnya. Sistem seperti inilah
yang disebut sebagai sebuah sistem yang tertutup.
Namun pada masa sekarang ini, akan sulit sekali bagi kita untuk
menemukan organisasi atau komunitas seperti desa yang kita contohkan
dimuka. Sebuah sistem yang benar-benar mandiri, yang tidak memerlukan
kerjasama dengan dunia luar pada kenyataannya akan sulit untuk bisa
eksis atau bertahan hidup, karena pada jaman moderen seperti ini
komunitas atau masyarakat justru telah menjadi saling tergantung satu
dengan yang lain. Ketika sebuah sistem tidak bisa lagi memenuhi
kebutuhan serta menyerap keluarannya sendiri, atau dengan kata lain ia
memerlukan atau bergantung pada sistem yang lain atau lingkungannya
untuk bisa bertahan hidup, maka sistem tersebut secara otomatis telah
berubah menjadi sistem yang terbuka. Dewasa ini, berbagai bentuk
organisasi, baik yang memproduksi barang maupun jasa, hampir
semuanya memerlukan interaksi dengan lingkungan diluar organisasinya
sendiri. Sebuah pabrik sepatu misalnya, pasti memerlukan bahan baku dari
luar, demikian pula untuk memenuhu kebutuhan akan tenaga kerjanya.
Selain itu pabrik sepatu tersebut juga akan memerlukan masyarakat luas
sebagai tempat untuk melempar produknya ke pasaran karena ribuan
jumlah sepatu yang diproduksinya setiap hari tidak mungkin akan habis
jika akan dikonsumsi sendiri.
Peran Humas pada Organisasi Bersistem Terbuka
Pada sebuah organisasi bersistem terbuka dan karenanya perlu menjalin
hubungan dengan banyak pihak baik didalam maupun diluar organisasi, ia
memerlukan sebuah fungsi yang sanggup mengelola hubungan tersebut
dengan baik. Humas adalah fungsi yang diperlukan oleh sebuah organisasi
yang menganut sistem terbuka untuk mengelola hubungan atau interaksi
serta komunikasi antara organisasi dengan pihak-pihak luar tersebut.
Grunig dan Hunt (1984) menyebut humas dengan istilah â€oeboundary
spannerâ€_ karena posisinya yang mengantarai atau berada di perbatasan
antara manajemen pusat dengan bagian-bagian lain yang ada didalam
organisasi serta antara organisasi dan lingkungannya.
Humas dan Worldview Organisasi
Pada pembahasan dimuka, telah disebutkan bahwa organisasi sebagai
sebuah sistem terbuka harus menyadari bahwa ia hidup dalam sebuah
lingkungan tertentu dan baik langsung maupun tidak langsung tergantung
dengan lingkungan tersebut. Dengan kata lain organisasi tidak bisa tidak
menghiraukan keberadaan lingkungan yang ada disekitarnya. Dengan
pandangan seperti inilah kehadiran humas dalam sebuah organisasi
menjadi sangat diperlukan karena humaslah yang bertugas sebagai
pengantara atau penghubung antara organisasi dengan lingkungannya dan
demikian pula sebaliknya. Namun begitu perlu untuk ditekankan disini
bahwa hubungan antara organisasi dengan lingkungannya tidaklah berada
dalam kerangka hubungan yang tidak seimbang.
Organisasi harus sejak awal menyadari bahwa hubungan antara dirinya
dengan lingkungan adalah hubungan yang saling menguntungkan,
seimbang, serta berazaskan komunikasi dua arah yang saling timbal balik.
Karena hanya dalam kerangka hubungan semacam inilah organisasi dapat
bertahan dan eksis untuk terus merealisasikan tujuan-tujuannya. Untuk
dapat merealisasikan sebuah hubungan timbal balik dua arah yang saling
menguntungkan, ternyata keterbukaan sebuah sistem saja dipandang
kurang mencukupi. Atau dengan kata lain, walaupun organisasi tersebut
telah bersistem terbuka, organisasi masih memerlukan faktor lain untuk
memantapkan posisinya dalam sebuah sistem. Organisasi masih
memerlukan worldview yang sesuai.
Kearney (1984) seorang antropolog menyatakan bahwa worldview adalah,
â€oe...a set of images or assumptions about the world.â€_. Sementara
Kuhn (1970) berpendapat bahwa worldview adalah, â€oe...a paradigm that
stands for the entire constellation of beliefs, values,techniques, and so on
shared by the member of a given community.â€_ (dikutip dalam Grunig
dan White, 1992). Dari pendapat tersebut bisa kita pahami bahwa
worldview adalah semacam paradigma yang dianut oleh suatu masyarakat.
Sebuah paradigma yang bisa menjelaskan bagaimana sekelompok
masyarakat memandang keberadaan mereka dan orang-orang lain yang
ada di dunia. Sebuah organisasi pun bisa kita anggap sebagai sebuah
masyarakat dalam lingkup kecil dan karenanya pasti juga memiliki
seperangkat worldview tersendiri tentang bagaimana mereka memandang
keberadaan mereka di tengah-tengah masyarakat yang lebih luas.
Menurut Grunig (1989) ada dua jenis worldview yang bisa dianut oleh
sebuah organisasi. Ia menyebutnya sebagai Symmetrical Worldview dan
Asymmetrical Worldview atau bisa kita terjemahkan sebagai Paradigma
Simetris dan Paradigma Asimetris. Grunig lebih lanjut menyatakan bahwa
untuk sebuah organisasi agar bisa bertahan dalam lingkungannya dengan
baik dan mampu menjalin hubungan yang positif dengan lingkungn
tersebut sebuah organisasi memerlukan Paradigma yang Simetris (dikutip
dalam Grunig dan White, 1992). Sebaliknya sebuah organisasi tidak akan
dapat bertahan lama dalam sebuah lingkungan jika ia memiliki
seperangkat Paradigma yang Asimetris.
Paradigma yang Asimetris tersebut adalah: 1. Internal Orientation
(berorientasikan ke dalam) Para anggota organisasi tersebut hanya bisa
melihat kepada dirinya sendiri namun tidak mampu membayangkan
bagaimana orang lain memandang organisasi tersebut. Dengan kata lain
organisasi tersebut tidak pernah berusaha mencari tahu bagaimana
pendapat orang lain tentang dirinya. Ia sudah cukup puas dengan
pendapatnya sendiri. 2. Closed System Informasi hanya bergerak keluar
dari organisasi, namun tidak ada informasi yang masuk kedalam
organisasi. Artinya, organisasi tersebut tidak pernah berusaha mencari
feedback dari luar. 3. Efficiency Efisiensi adalah segala-galanya bagi
organisasi, bahkan jika perlu dengan mengorbankan inovasi. 4. Elitism
Menganggap pimpinan organisasi sebagai yang paling tahu dan yang
paling bijak. Ide-ide atau pendapat dari mereka yang tidak memiliki posisi
tinggi atau penting dalam organisasi dianggap sebagai pendapat yang tidak
berguna dan karenanya tidak perlu diindahkan. 5. Conservatism
Organisasi enggan untuk berubah. Perubahan dianggap sebagai sesuatu
yang buruk dan karenanya harus dihindari. Upaya-upaya yang ada untuk
membawa organisasi ke arah perubahan dianggap sebagai tindakan yang
subversif dan karenanya patut mendapat hukuman. 6. Tradition Tradisi
turun temurun dalam organisasi tersebut dianggap sebagai pakem yang
tidak bisa diubah-ubah lagi, bahkan bila tradisi tersebut tidak sesuai lagi
dengan perubahan jaman. Organisasi menganggap bahwa bergantung pada
tradisi akan membawa stabilitas dan rasa nyaman. 7. Central Authority
Kekuasaan harus terkonsentrasi pada segelintir orang yang ada di pucuk
pimpinan perusahaan. Kewenangan tidak didelegasikan (dari Grunig dan
White, 1992).
Sementara seperangkat Paradigma yang Simetris adalah: 1.
Interdependence Organisasi menyadari bahwa ia tidak bisa mengisolasi
diri dari lingkungan sekitar. Walaupun sebagai sebuah sistem organisasi
memiliki pembatas, namun pembatas itu bisa ditembus oleh lingkungan. 2.
Moving equilibrium Organisasi sebagai sebuah sistem bisa saja berupaya
untuk mencapai kondisi equilibrium yaitu kondisi yang stabil, namun ia
harus menyadari bahwa kondisi stabil tersebut tidak akan selamanya
bertahan. Dengan kata lain, organisasi harus selalu siap dengan kondisi
equilibrium yang selalu bergerak ini. Equilibrium selalu bergerak karena
lingkungan di sekitar sistem selalu berubah. Jika sebuahsistem ingin terus
eksis, ia harus bisa beradaptasi dengan perubahan itu. 3. Equity Organisasi
beroperasi atas dasar persamaan hak antar manusia. Karyawan harus
diperlakukan dengan manusiawi serta dipenuhi hak-haknya, termasuk hak
untuk berbeda pendapat atau memberi kritikan serta masukan kepada
organisasi. Demikian juga dalam berinteraksi dengan komponen yang lain
dalam komunitas. 4. Autonomy Memberikan otonomi yang cukup luas
kepada karyawan. Pemberian otonomi tidak perlu dikhawatirkan akan
menjadi lepas kendali karena banyak penelitian membuktikan otonomi
yang dimiliki seseorang justru akan memperbaiki kinerja orang tersebut.
Dengan demikian pemberian otonomi pada karyawan justru akan
memberikan dampak yang positif pada organisasi. 5. Innovation
Organisasi bersikap fleksibel atau luwes dalam menghadapi adanya
gagasan-gagasan baru dan tidak terpaku pada konservatisme atau tradisi
yang ketinggalan jaman. Anggota organisasi diberikan kesempatan dan
ruang untuk berinovasi, mengembangkan kreativitasnya atau
berimprovisasi. 6. Decentralization of management Ada pendelegasian
kewenangan yang memadai. Para menajer berperan lebih sebagai
koordinator dari pada diktator. Pendelegasian kewenangan yang cukup
terbukti akan mendorong tumbuhnya iklim komunikasi yang sehat, kinerja
yang baik, dan kepuasan kerja yang cukup tinggi. 7. Responsibility
Organisasi dan para anggotanya harus menyadari bahwa kehadiran mereka
dalam suatu lingkungan memiliki dampak bagi sistem lain yang ada di
lingkungan tersebut. Karenanya, organisasi harus berupaya
memaksimalkan dampak yang positif dan meminimalkan dampak negatif
mereka terhadap lingkungan. 8. Conflict Resolution Organisasi bersikap
terbuka terhadap adanya konflik. Konflik adalah sesuatu yang biasa dalam
interaksi antar manusia, sehingga tidak perlu ditutupi atau dianggap tabu.
Konflik yang terjadi harus diselesaikan dengan cara negosiasi,
komunikasi, dan kompromi dan bukannya diselesaikan dengan cara
pemaksaan, manipulasi, koersi, atau kekerasan.
KEDUDUKAN HUMAS DALAM STRUKTUR ORGANISASI
Masih teringat dalam ingatan penulis, beberapa tahun yang lalu ketika
sebuah perusahaan besar di Indonesia memutuskan untuk ditanya apa
alasannya membentuk dan mengangkat pejabat humas. Sang Direktur
menjawab bahwa alasannya membentuk bagian humas karena merasa
kewalahan menghadapi wartawan. Gambaran ini menunjukkan,
bahwasannya keberadaan humas dalam organisasi akan sangat tergantung
dari kemauan para pemimpinnya. Begitupula sebuah perusahaan yang
memiliki bagian humas tetapi tidak mampu mendeskripsikan kerja/tugas
humas secara tegas, maka para petugas humas-nya berkelakar bahwa tugas
humas adalah semua tugas yang belum dikerjakan oleh bagian lain. Tetapi
ada juga bagian humas yang sungguh sangat elegan dengan deskripsi dan
wewenang yang jelas. Gambaran ini menunjukkan bahwa keberadaan
humas di sebuah organisasi juga tergantung dari bagaimana apresiasi dan
persepsi para pengambil keputusan.
Keberadaan humas dalam organisasi pada dasarnya bisa dilihat secara
fungsional maupun struktural. Secara fungsional artinya humas tidak harus
ada sebagai state of being atau sebagai sebuah bagian tersendiri dengan
segala konsekuensi sebuah bagian yang memiliki fasilitas ruang, pimpinan
dan staf tersendiri, melainkan secara fungsional tanpa adanya bagian
humas, organisasi bisa mengangkat seorang petugas humas untuk
menjalankan fungsi-fungsi kehumasan. Sedangkan secara struktural
artinya humas telah terlembagakan ke dalam bagian tersendiri. Djanaid
(2000) mengklasifikasikan menjadi dua, yakni sebagai state of being dan
method of communication. Sebagai method of communication, humas
dipahami sebagai sebuah aktivitas berhubungan dengan public melalui
pendekatan komunikasi yang dilakuakn oleh siapa saja yang berada dalam
organisasi tersebut. Sementara sebagai state of being, humas telah
terlembagakan kedalam bagian-bagian dalam struktur organisasi.
Beberapa faktor yang mempengaruhi keberadaan humas dalam organisasi
adalah: 1.Besar-kecilnya organisasi. Hal ini mencakup kemampuan
sumber daya yang dimiliki organisasi. Konsekuensi sebuah organisasi
yang membentuk bagian humas adalah tersedianya sumber daya yang bisa
menunjang bagian humas berjalan dengan baik. Baik itu SDM, dana, dan
fasilitas. Besar-kecilnya sebuah organisasi juga bisa mencerminkan berapa
banyak publik-publik yang dimiliki dengan berbagai persoalan yang juga
lebih kompleks. 2. Kemauan Pimpinan. Persepsi dan apresiasi pimpinan
sangat penting artinya bagi keberadaan humas. Termasuk dalam hal ini
adalah sejauh apa para pimpinan menganggap pentingnya humas bagi
organisasinya. Beberapa kalangan memandang istilah media relation
officer lebih tepat daripada public relations officer apabila maksud
pimpinan mengangkat petugas humas untuk mengelola hubungan dengan
media massa, misalnya. Istilah Jurnalist in House lebih tepat digunakan
untuk petugas humas yang diberi wewenang dan deskripsi tugas
mengelola media internal.
Seblumnya kita bahas, humas digambarkan sebagai sebuah fungsi
â€oeboundary spannerâ€_ serta berada diantara manajemen pusat dan
bagian-bagian lain dari organisasi. Artinya, sebagai sebuah fungsi yang
mengantarai manajemen pusat dengan bagian-bagian lain yang ada dalam
organisasi, humas memiliki posisi yang cukup dekat dengan manajemen
pusat. Keberadaan humas pada sebuah posisi yang dekat dengan
manajemen pusat tersebut menggambarkan betapa posisi humas dianggap
cukup penting dalam sebuah organisasi. Kedekatan posisi humas dengan
manajemen pusat tersebut memang disengaja, karena humas sebagai
fungsi pencari dan pemberi informasi diharapkan memiliki akses langsung
kepada manajemen pusat untuk mempercepat serta memudahkan tugastugas
humas sebagai pemberi masukan serta pengambil keputusan
khususnya yang melibatkan masalah-masalah komunikasi yang dihadapi
organisasi.
Cutlip, Center, dan Broom (1985) menggambarkan bagaimana kedudukan
ideal humas dalam sebuah organisasi:
Kedudukan Humas dalam Organisasi
Board of Directors CEO
Vice President Vice President Vice President Vice President
Marketing Human Resource Finance and Public Relations
Development
Pada Gambar. 3.3 tersebut dapat kita lihat bahwa posisi humas idealnya
diletakkan sejajar dengan fungsi-fungsi penting organisasi lainnya seperti
bagian Marketing, bagian Sumber Daya Manusia (Human Resources),
serta bagian Keuangan dan Pengembangan (Finance and Development).
Ketiga bagian penting tersebut beserta Humas menempati posisi langsung
dibawah CEO (Chief Executive Officer) atau yang bisa juga disebut
dengan Direktur Utama. Hal ini menandakan bahwa keempat fungsi yang
dianggap paling penting dalam organisasi tersebut berada dalam posisi
yang paling dekat dengan pucuk pimpinan organisasi. Posisi keempatnya
berada langsung dibawah kedudukan Direktur Utama tanpa ada lini
manajemen yang lain yang mengantarai mereka. Dengan memposisikan
humas beserta tiga bagian yang lain langsung dibawah pucuk pimpinan,
hal ini berarti humas ditempatkan sebagai salah satu bagian dari
Manajemen Lini Atas (Upper Line Management) dan karenanya ikut serta
dalam pengambilan-pengambilan keputusan penting dalam organisasi.
Sebagai tambahan informasi saja, sebuah organisasi besar biasa memiliki
tiga lini manajemen yaitu Manajemen Lini Atas, Manajemen Lini Tengah
(Middle Line Management), serta Manajemen Lini Bawah (Lower Line
Management). Kewenangan terbesar untuk mengambil keputusankeputusan
penting dalam organisasi dipegang oleh mereka yang berada
dalam posisi Manajemen Lini Atas. Satu hal lagi yang perlu
digarisbawahi, pada model yang disajikan oleh Cutlip, Center, dan Broom
tersebut (Gambar 3.3), ada satu garis khusus yang menghubungkan bagian
Humas dengan Direktur Utama secara langsung. Hal ini semakin
menunjukkan pentingnya posisi humas dalam organisasi. Garis khusus
tersebut menandakan bahwa humas memiliki akses langsung kepada
pucuk pimpinan dan jika perlu, dalam situasi genting, dapat mengambil
keputusan-keputusan penting secara mandiri.
Selain itu, adanya garis khusus yang menghubungkan langsung humas
dengan pucuk pimpinan tersebut juga bermakna bahwa humas memiliki
komunikasi dua arah yang terbuka dengan pihak pimpinan yang
memungkinkan humas untuk bisa menyampaikan dan mendiskusikan
informasi-informasi penting beserta penyelesaiannya secepat mungkin.
Peranan Humas dalam organisasi
Praktek-praktek humas dalam organisasi memunculkan dua peranan
humas yang kelihatan menonjol. Grunig dan Hunt (1984) yang merujuk
hasil karya Broom dan Dozier, mengidentifikasi peran humas sebagai
teknisi dan peran sebagai manajer. Bila peran manajer dianggap sebagai
peran merencanakan dan mengelola program-program humas,
memberikan saran pada manajemen, membuat keputusan tentang
kebijakan komunikasi, maka peran teknisi terfokus sebagai pelaksana saja.
Misalnya mereka menulis siaran pers, menulis pidato, mengedit majalah
internal atau mendesain halaman web. Jadi mereka melaksanakan
keputusan manajemen.
Kemudian dari dua peran tersebut, dapat dibedakan menjadi tiga jenis
peran manajer, yaitu: 1.Expert preciber Peran-peran sebagai ahli dan
penasihat bagi manajemen. Praktisi humas dianggap sebagai seorang ahli
yang bias memberi solusi bagi permasalahan humas sebuah organisasi dan
manajemen seperti halnya seorang klien yang menerima ide dan cara
praktisi humas menyelesaikan permasalahan-permasalahan humas sebuah
organisasinya. 2. Communication facilitator Peran-peran sebagai
fasilitator komunikasi antara organisasi dan publicnya. Praktisi humas
bertindak sebagai perantara, penghubung, penerjemah serta mediator,
menjaga terwujudnya komunikasi dua-arah antara organisasi dengan
publiknya. 3.Problem Solving Process Facilitator Peran-peran sebagai
anggota tim yang dilibatkan dalam memecahkan masalah-masalah
organisasi. Tentu saja peranan humas disini masih dalam koridor
komunikasi. Sebagai bagian dari tim pemecah masalah, humas mengambil
peran sebagai fasilitator antar bagian dalam organisasi, sehingga persoalan
bias dipecahkan secara bersama dan memuaskan pihak-pihak yang terlibat.
Selanjutnya Dozier mengidentifikasi dua peran ditingkat menengah, yaitu:
1. Media Relations Role. Tugas praktisi humas adalah memastikan media
selalu mendapat informasi dari organisasi/perusahaan, dan
menginformasikan kepada organisasi apa saja yang dibutuhkan dan
dikhawatirkan oleh media. Dalam hal ini pengetahuan akan media menjadi
persyaratan bagi praktisi humas yang menjalankan peran tersebut. 2.
Communication and Liaison Role. Dalam hal ini praktisi humas
bertindak sebagai perwakilan organisasi pada acara-acara tertentu, dan
secara postitif menciptakan kesempatan kepada manajemen untuk
berkomunikasi dengan para public organisasi.
HUBUNGAN KERJA HUMAS DENGAN BAGIAN LAIN DALAM
ORGANISASI
Sebagai sebuah teknik komunikasi, pendekatan kehumasan bisa berada
dimana saja. Tidak terkecuali di bidang atau Bagian SDM, Bagian Hukum
dan Bagian Pemasaran. Namun, tujuan dan wewenang Humas, jelas
berbeda dengan tujuan dan wewenang bagian-bagian tersebut. Berikut
akan diberikan gambaran perbedaan dan keterkaitannya.
Humas dan SDM (Sumber Daya Manusia)
Wewenang Bagian SDM biasanya meliputi: Perekrutan Pegawai Baru,
Pensiun dan pemutusan hubungan kerja, mutasi, promosi jabatan,
pengembangan ketrampilan dan pelatihan. Sehingga tujuan kerja bagian
SDM bisa disebutkan, antara lain: terekrutnya pegawai baru sesuai
kebutuhan dan kompetensi, pelaksanaan pensiun pegawai dengan tepat
dan pemutusan hubungan kerja yang rasional, mutasi dan promosi jabatan
yang adil, pengembangan ketrampilan dan pelatihan yang efektif, dan
semuanya harus bermuara pada ukuran produktivitas dan efisiensi SDM.
Bagaimana Humas bisa berkait dan menjalin dengan wewenang dan tujuan
Bagian SDM?. Ingat, kata kunci dari humas adalah hubungan, yakni
terbentuknya hubungan yang menumbuhkan saling pengertian, saling
memahami dan saling kerja sama. Dimana upaya kehumasan tersebut
muaranya adalah citra dan reputasi yang favourable. Fungsi humas dan
Bagian Humas bisa mewarnai tercapainya tujuan-tujuan bagian SDM
dengan memperhatikan terbentuknya hubungan yang favourable dengan
calon pegawai, pegawai dan mantan pegawai sebuah organisasi. Misalnya
dalam perekrutan pegawai baru. Humas bisa bekerja sama dalam
sosialisasi perekrutan melalui media atau cara yang tepat, elegan, dan
berkarakter sesuai image dan reputasi yang diinginkan oleh perusahaan.
Dalam proses perekrutan pegawai baru, humas bisa mendesain penerimaan
pendaftaran, wawancara dan pertemuan antara calon pegawai dan
manajemen secara mengesankan dan bersahabat.
Sementara itu dalam program pensiun dan pemutusan hubungan kerja,
humas bisa memberikan nasihat dan mungkin pelaksanaan teknis yang
berkaitan dengan bagaimana organisasi/lembaga mengkomunikasikan
program pension dan pemutusan hubungan kerja tersebut secara
manusiawi sehingga tercapai saling pengertian. Beberapa perusahaan
menerapkan kegiatan â€oepembekalanâ€_ bagi pegawai yang akan
pension. Baik pembekalan mental (psikologis) maupun ketrampilan.
Sehingga para pensiunan tersebut bisa menerima tanpa mengalami post
power syndrome dan bisa memilih aktivitas rekreatif selama menjalani
masa pension nanti.
KOnstribusi humas dalam program mutasi dan promosi jabatan antara lain
membantu pegawai tersebut dalam hal adaptasi terhadap budaya dan
lingkungan baru, misalnya.
Humas dan Hukum
Kerja Bagian Hukum di sebuah organisasi biasanya meliputi Kontrak
Kerja, Kontrak Kerjasama, Membuat Tata Aturan, Mengontrol Persoalanpersoalan
organisasi dari aspek pelanggaran Undang-undang dan Hukum
yang berlaku, dan sebagainya. Dalam hal ini humas bisa memberi
konstribusi dalam hal sosialisasi produk-produk hokum. Banyak kalangan
menilai, pendekatan hukum merupakan lawan dari pendekatan humas.
Apabila pendekatan hukum cenderung bersifat represif terhadap
stakeholder atau publik sebuah organisasi, maka pendekatan humas
cenderung lebih manusiawi dan akomodatif.
Jalinan kerja antara Humas dan Hukum memang agak sulit. Tetapi dalam
banyak praktek, pendekatan hukum akan digunakan apabila pendekatan
humas sudah tidak bisa lagi mengatasi sebuah persoalan. Begitu pula
sebaliknya, pendekatan humas bisa digunakan apabila pendekatan hukum
sudah tidak bisa memecahkan persoalan. Adakala stakeholder atau publik
tidak memahami bahwa hubungan mereka dengan organisasi/lembaga
telah diatur secara hukum. Disinilah humas harus memerankan diri
sebagai fasilitator, sehingga kedua belah pihak (public dan organisasi)
saling mengerti, memahami dan memiliki suatu komitmen untuk tidak
melanggar aturan hukum tersebut. Karena pendekatan hukum yang dirasa
cenderung represif, bisa saja suatu persoalan teratasi dengan cepat, namun
penyelesainnya belum tentu menciptakan saling pengertian dan kepuasan
masing-masing pihak. Disinilah humas sekali lagi bisa mengambil fungsi,
kembali membangun hubungan yang baik sehingga reputasi organisasi
atau lembaga tidak tercoreng sebagai pihak yang sewenang-wenang.
Apabila hukum memang ingin ditegakkan, maka tugas humas-lah untuk
mendidik stakeholder atau publik untuk memiliki sikap mental â€oesadar
hukum
Humas dan Pemasaran
Thomas L. Harris adalah salah satu contoh orang marketing yang melihat
peluang kolaborasi humas dengan marketing ke dalam suatu konsep
Marketing Public Relations (MPR). Orang marketing menyadari bahwa
keberhasilan pemasaran tidak bisa dipisahkan dengan upaya kehumasan.
Mereka meyakini bahwa reputasi perusahaan sebagai produsen bisa
mendorong keberhasilan penjualan produk-produk mereka. Suatu contoh,
publik mungkin akan melihat reputasi PT. Indofood sehingga memutuskan
untuk membeli apapun produk makanan yang diproduksi oleh PT.
Indofood.
Kolaborasi humas dengan dunia pemasaran juga bisa belajar dari kasus
Jepang. Masih ingat dibenak kita, julukan Jepang sebagai â€oeThe animal
economicâ€_. Suatu julukan yang tidak menyenangkan atas keberhasilan
pemasaran produk-produk mereka. Animal dapat dikonotasikan sebagai
keserakahan, tidak etis, tidak berperikemanusiaan. Sehingga kebijakan
pemerintah Jepang kemudian adalah menggunakan upaya kehumasan
sebelum memasarkan produk-produk industri mereka. Pengenalan
terhadap profil perusahaan, pendidikan bagi calon konsumen, community
relationships, dilakukan untuk mengawali aktivitas pemasaran produkproduk
Jepang.
Respon yang cepat terhadap keluhan pelanggan dan komunikasi intensif
dengan pelanggan, adalah contoh lain dari pendekatan humas dalam
bekerja sama dengan bidang pemasaran. Dalam dunia pemasaran sangat
dikenal adanya periklanan. Konsep MPR mengasumsikan bahwa iklan
adalah upaya komunikasi, oleh karenanya aspek-aspek image yang
ditimbulkan oleh adanya iklan produk juga harus mampu mendukung
terbangunnya image tanggung jawab sosial organisasi. Iklan yang terkesan
membuat khalayak â€oebodohâ€_ dan â€oedunguâ€_ tidak akan
direkomendasikan oleh orang-orang humas.
DAFTAR PUSTAKA
Cutlip, Scott M, Allen H. Center, and Glen M. Broom. 2000. Effective
Public Relations. Eight edition. New Jersey: Prentice Hall.
Frida Kusumastuti. 2002. Dasar-dasar Humas. Malang. Ghalia Press-
UMM Press.
G. Arum Yudarwati. 2004. Community Relations. Bentuk Tanggung
jawab Sosial Organisasi. Jurnal Komunikasi. Volume 1. nomor 2,
Desember 2004.
Grunig, James & Todd Hunt. 1984. Managing Public Relations. Chicago:
Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Grunig, James.E & White, Jon. 1992. The Effect of Worldviews on Public
Relations Theory and Practice dalam Excellence in Public Relations and
Communication Management (Grunig, J.E. ed) Hillsdale:New Jersey,
Lawrence Erlbaum Associates
Little John, Stephen W. 2002. Theories of Human Communication.
Beltmont, CA: Wadsworth Publishing Co.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar